Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk




Bad Sector Pada Harddisk | Bad Sector atau bad block adalah istilah teknis yang digunakan menggambarkan sebuah area pada hard disk yang rusak. Bad sector secara fisik terjadi karena adanya keruksakan pada bagian hardware plate hardisk yang bisa terjadi karena hardisk terkena debu, hardisk terjatuh, terkena benturan keras dan sebagainya. 

Memperbaiki-Bad-Sector-Pada-Harddisk

Sedangkan bad sector secara software bisa terjadi ketika hardisk sedang sibuk tiba-tiba komputer mati, misalnya karena mati listrik. Jika kerusakan ini disebabkan oleh hardware misalnya gesekan yang terjadi pada piringan hard disk maka ini tidak dapat diperbaiki. Jika kerusakannya disebabkan oleh software yang diinstall maka masih bisa diperbaiki.



Jika hardisk sudah terdeteksi terkena bad sector, maka langkah pertama adalah menyelamatkan data-data penting yang ada, baik di simpan di hardisk lain, di copy ke CD atau lainnya. langkah selanjutnya kita mulai dari langkah yang jitu tapi tidak sulit :

1. Melalui Perintah Checkdisk / CHKDSK
Dengan perintah Checkdisk / CHKDSK ini kita sudah dapat memperbaiki keruksakan pada hardisk seperti bad sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors. Perintah Checkdisk dapat kita jalankan dengan 2 cara yaitu lewat Command Promt dan lewat My Computer atau Windows Explorer.

A. Menjalankan perintah CHKDSK pada Command Prompt.
  • Pada tampilan Command Prompt ketik perintah: CHKDSK D: 
    Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive D dalam mode read-only.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F
    Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.
  • Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R
    Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.
B. Menjalankan perintah CHKDSK pada My Computer atau Window Explorer.
  • Buka Windows Explorer, atau My Computer.
  • Klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
  • Klik tab Tools, pada pilihan Error Checking klik Check Now..
  • Jendela Check disk option akan seperti gambar dibawah
  • Untuk menjalankan Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start
  • Untuk merepair error pada file system, check Automatically fix file system errors
  • Untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors
  • Anda juga dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.

Memperbaiki-bad-Sector-Pada-Harddisk


  • Apabila muncul pesan : Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process.  Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) ketik Y dan Enter.
  • Apabila muncul pesan:  Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y, dan ENTER lalu restart komputer untuk menjalankan Scandisk.

2. HDD Low Level Format Tools

Dengan software ini, maka hardisk bisa di format secara mendalam ( di istilahkan low level format). Perlu diperhatikan bahwa dengan low level format, maka semua data di hardisk akan hilang,SILAHKAN COPY ATAU PINDAHKAN SEMUA DATA SEBELUM MEMFORMAT karna setelah diformat data tidak bisa di kembalikan/di recovery lagi. Tetapi cara ini biasanya akan lebih efektif menghilangkan bad sector. jadi klo ada virus2 juga jadi bersih.

Karena hardisk akan di format seluruhnya, maka hardisk yang akan di proses harus di format di komputer lain ( di lepas dan dipasang komputer lain). Atau jika ada 2 hardisk di komputer, maka hardisk yang tidak berisi windows bisa di format. Berikut langkahnya :
  1. Jalankan HDD Low Level Format tools
  2. Pilih Hardisk yang akan di format. Tentu yang tidak berisi sistem operasi windows. Selanjutnya klik Continue
  1. Pilih tab “LOW-LEVEL-FORMAT”, dan silahkan dibaca peringatan yang tampil
  1. Jika sudah yakin, maka klik “FORMAT THIS DEVICE”, dan tunggu sampai proses selesai. biasanya HDD dengan kapasitas 640GB memakan waktu sekitar 3 – 4 Jam. jadi bisa sambil tidur.
Selain untuk hardisk (SATA< IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash card dan sejenisnya. HDD LOw level format bisa didapatkan/download dari link berikut :
HDD Low Level Format Tool langsung download versi DISINI (497 KB), jika tidak bisa download cari saja di google. heee :D

Setelah proses LLF ini selesai, anda harus memformat HDD anda. Ibarat nya sebuah rumah jika kita LLF, rumah tersebut kita hancurkan seluruh ruangannya. Seperti kamar, WC, ruang tamu dll. Sehingga rumah tersebuat hanya sebuah pintu dan atap genteng tanpa ada sekat- sekat di dalamnya. Lalu HDD kita format. Jika diibaratkan rumah, kita bangun kemabli “temboknya” untuk membuat kamar, WC, ruang tamu, ruang keluarga dll. Dengan konsekuensi “isi” rumah tersebut kita “kosongkan” terlebih dahulu.

Baik kita akan format HDD kita dengan langkah – langkah sebagai berikut :
Memperbaiki-Bad-Sector-Pada-Harddisk 
Buka exlorer, klik kanan pada target HDD anda lalu pilih Format. Akan muncul jendela baru :

Memperbaiki-Bad-Sector-Pada-Harddisk
Semua langkah dan praktek ini menggunakan Operating System  Windows XP. Kemungkinan jika menggunakan Windows Vista atau 7, hanya tampilan dan letak menu nya yang berbeda.
Isi sesuai dengan tampilan diatas. Yang perlu diperhatikan bagian File System, pilih NTFS . Menu yang lainnya biarkan default seperti apa adanya. Lalu tekan Start. Proses ini akan memakan waktu yang bervariasi tergantung kapasitas HDD anda.
JIka cara di atas belum bisa atau hard dis masih ngehang atau berbunyi aneh, anda ambil PALU kemudian pukul dengan keras, kalau sudah rusak dan hanur baru beli lagi. heee :D

SEMOGA BERMANFAAT

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: